-->

Cara Compile Dan Run Program Java Dengan CMD Di Windows 10

Ok teman-teman pada kesempataan yang berbahagia ini bertemu kembali dengan saya Mr. Comro Page yang sebelum nya saya sudah Membahas tentang bagaimana cara menginstal dan setting JAVA (JDK/JRE) pada Windows maupun juga Linux. Pada kesempataan dan waktu yang baik ini saya juga akan membagikan kepada teman-teman semua bagaiman menulis program JAVA kemudian men compile dan run program JAVA melalui CMD (Command Prompt).

Untuk dapat me-running program JAVA dengan CMD (Command Prompt) teman-teman harus men-download dan menginstall JDK/JRE serta harus setting Path dengan benar dan baik terlebih dahulu pada komputer/pc teman-teman. Bagi teman-teman yang belum menginstall JDK/JRE dan belum tahu bagaimana cara setting nya, seperti nya teman-teman wajib baca terlebih dahulu tulisan terdahulu saya ini :


Baik, setelah teman-teman sudah paham dan telah menginstal serta mensetting path dengan benar pada Komputer/Pc teman-teman sekarang mari kita mulai proses nya :

Tulis program java

Buka Text Editor / Notepad dan mulai tuliskan codingan java nya, disini saya akan menulis coding sederhana dengan bahasa java yang hanya menampilkan text pada CMD (Command Prompt) berikut adalah coding nya :
     public class HelloWorld {  
    public static void main(String[] args) {
    System.out.println("Hello, World");
    System.out.println("My Neme Is Mr. Comro Page");
    System.out.println("mrcomropage.blogspot.com");
    }
    }

    Lalu simpan pada tutorial kali ini ini saya beri nama HelloWord.java dan jangan lupa pada Save as type pilih yang All files, jadi disini saya menyimpan dengan nama file HelloWord.java  pada direktori F: di dalam folder belajar sehingga apabila di urutkan menjadi F:/belajar/HelloWord.Java perhatikan gambar berikut :



    Cara compile dan run program Java

    Cari dan buka CMD (Command Prompt) dengan cara Klik Kanan dan pilih Run administrator, bisa teman-teman lihat pada gambar di bawah



    Setelah terbuka kemudian arahkan ke direktori tempat teman-teman menyimpan file Java nya Untuk tutorial ini, saya menyimpannya di F:/belajar/HelloWord.Java , untuk mengarahkan nya

    1. pertama ketikan perintah F: lalu enter supaya berpindah ke direktori F:
    2. lalu ketikan kembali cd belajar lalu enter yang artinya kita masuk ke direktori folder yang bernama belajar
    3. Kemudian untuk melihat isi dari folder belajar kita ketikan dir dan enter


    Jika sudah melihat file Java yang telah teman-teman buat tadi, sekarang kita sudah siap untuk meng-compile nya

    1. Ketikkan perintah javac HelloWorld.java kemudian klik Enter, Jika tidak terdapat error maka tidak akan muncul notifikasi namun apabila error akan muncul keterangan error nya. pada saat ini compiler akan men-generate sebuah file HelloWord.class. Ketikkan perintah dir untuk melihat apakah file HelloWord.class sudah berhasil terbuat
    2. Jika file HelloWord.class sudah berhasil terbuat tanpa ada notif erorr teman-teman akan memiliki file .class dari HelloWorld.java dan sudah bisa kita running
    3.  Ketikan perintah java HelloWorld maka akan muncul output nya seperti pada gambar di bawah ini


    Mungkin cukup sekian info kali ini mudah-mudahan berguna dan bermanfaat, sampai bertemu kembali di tulisan saya berikut nya Terimakasih..

    0 Response to "Cara Compile Dan Run Program Java Dengan CMD Di Windows 10"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel