-->

Cara Menginstall Serta Setting Java (JDK/JRE) Pada Windows 10 Terbaru

Tentang Java


Bahasa pemrograman java merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer pada masa ini, hal ini terbukti dari mulai banyak nya aplikasi pada masa ini yang di bangun menggunakan bahasa pemrograman java. Bahasa java itu sendiri di ciptakan oleh James Gosling yang saat itu masih bergabung di Sun Microsystems atau pada saat ini merupakan bagian dari Oracle yang telah dirilis tahun 1995.

Bahasa ini mengadopsi dari sintaks yang ada pada bahasa pemrograman c / cpp, java itu sendiri tergolong atau masuk dalam kategori bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa java memiliki prinsip yakni "tulis sekali jalankan dimana saja" yang arti nya dapat di jalankan di beberapa platform atau operation system yang berbeda. 

Pada java seorang Progremmer cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu yang hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan di atas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Selain multiplatform java juga memiliki kelebihan lain nya yaitu Object Oriented Programming, Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Bergaya C++, dan Pengumpulan sampah otomatis.

Melihat dari banyaknya kelebihan yang di tawarkan oleh Java, maka tidak rugi rasa nya apablia teman-teman ingin belajar bahasa pemrograman ini, namun sebelum teman-teman mulai belajar pemrograman java yang perlu di perhatikan ialah instal terlebih dahulu JDK(Java Development Kit) dapat teman-teman Download Dsini jangan lupa pilih platform sesuai dengan operation system yang teman-teman gunakan. fungsi dari JDK(Java Development Kit) adalah sebagai “tukang” kompilasi (compiler) dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE. lalu apa itu JRE(Java Runtime Environment) ? adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java.

Cara Menginstal Java Pada Windows 10


  • Setelah itu akan muncul seperti gambar berikut dan pilih Next

  • Pada tahap dibawah ini kita bisa memilih direktori yang akan digunakan untuk menginstall JDK. secara default akan terinstall di C:\Program Files\Java\jdk sesuai versi\ jika tidak ingin di rubah klik Next saja.

  • Tunggu hingga proses instalasi selesai

  • Setelah itu akan muncul Jendela Destination Folder, yang artinya dimana kita akan menyimpan file instalasi Java tersebut, biarkan di lokasi default kemudian klik Next

  • Proses instalasi sedang berjalan, tunggu sampai selesai

  • Setelah itu Klik Close

Setelah Proses instalisasi Java sudah selesai sekarang masuk dalam tahap Setting Java Pada Windows 10

  • Buka CMD (Command Prompt) lalu ketikan Javac jika muncul tulisan 'javac' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file. Itu artinya status java pada windows teman-teman belum di ketahui, teman-teman harus mengatur path terlebih dahulu agar java dapat di identifikasi dengan benar.
  • Buka File Explorer pilih This PC lalu Klik Kanan pilih Properties


  • Setelah Itu pilih Advanced system settings

  • Lalu Pilih Environment Variables
  • Pilih Path seperti gambar di bawah ini, kemudian klik dua kali

  • contoh disini saya menyimpannya di C:\Program File\java\jdk sesuai versi\bin

  • Pilih New kemudian ketik C:\Program File\java\jdk sesuai versi\bin , jika sudah lihat pada gambar di bawah maka kolom tulisan akan bertambah C:\Program File\java\jdk sesuai versi\bin

  • Lanjut, Lakukan Cara yg sama Klik New Kemudian ganti \jdk jadi jre, Maka kan jadi seperti ini : C:\Program File\java\jre sesuai versi\bin

  • Setelah itu klik OK,OK, dan OK di lanjutkan dengan buka CMD (Command Prompt) kemudian ketikan Javac jika berhasil maka akan nampak seperti gambar berikut.

Mungkin cukup sekian info kali ini mudah-mudahan berguna dan bermanfaat, sampai bertemu kembali di tulisan saya berikut nya Terimakasih..

0 Response to "Cara Menginstall Serta Setting Java (JDK/JRE) Pada Windows 10 Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel