-->

[Struktur Control] Perulangan / Looping Pada Java


Logo Java


Struktur kontrol pemilihan adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untuk memilih dan mengeksekusi blok kode spesifik dan mengabaikan blok kode yang lain.

Looping sangat berguna dalam dunia pemrograman, mengapa kita memerlukan Looping dalam pemrograman ? Karena dengan kita memanfaatkan Looping pada program yang kita buat misalkan kita ingin menginstruksikan kepada komputer untuk menampilkan tulisan "Mr. Comro Ganteng!" pada layar komputer kita sebanyak 10.000 kali kita tidak perlu menulis nya satu-satu karena itu akan sangat melelahkan meskipun bisa dengan copy-paste ya teman-teman dengan menggunakan looping kita hanya memberikan kondisi yang logic pada sebuah program dengan hukum penulisan yang benar maka tulisan "Mr. Comro Ganteng!" dapat di tampilkan sebanyak 10.000 kali tanpa harus menulisnya secara manual.

Looping adalah pengulangan sesuatu atau serangkaian “kerja” dari program sampai dengan batas yang di tentukan. Dalam penggunaan Looping apabila dalam perulangan tersebut tidak disertakan batasnya maka program akan error karena proses itu akan berulang terus menerus sampai tak terhingga. 

Dalam pemrograman java ada tiga macam perulangan yaitu For, While dan Do While. Saya akan jelaskan dari macam-macam perulangan yang ada pada java dan cara penerapannya lihat bawah ya teman-teman :

1. PERULANGAN FOR

Perulangan ini digunakan ketika jumlah yang akan kita lakukan pada perulangan diketahui. Pada perintah for, kita diharuskan memasukkan nilai awal, batas akhir perulangan, dan increment (penambahan) atau decrement (pengurangan) serta apa yang akan dilakukan jika pengulangan tersebut berhasil dilakukan.

Cara Penulisannya :
 for (nilai awal ; kondisi pengulangan ; Increment/Decrement)  
{
Statement;
...
}
Contoh Penerapan :
 package perulangan;  
public class perulanagan {
public static void main(String args[]){
int x;
for(x=1;x<10;x++){
System.out.println("Nilai X "+x);
}
}
}
Output Program :
Output Program Java Perulangan For

2. PERULANGAN WHILE

Perulangan ini digunakan untuk mengulang suatu proses perulangan yang belum diketahui jumlahnya. Pada perulangan While Pengecekan kondisi akan dilakukan terlebih dahulu, Jika kondisi masih bernilai benar, maka perulangan akan terus berlanjut. dan sebaliknya jika bernilai salah maka perulangan akan dihentikan.

Cara Penulisan :
 While ( ekspresi_boolean ) {   

Statement;
...
}
Contoh Penerapan :
 package perulangan;  
public class perulanagan {
public static void main(String args[]){
int x=0;
while (x<10) {
System.out.println("Nilai x ="+x);
x++;
}
}
}
Output Program :
Output Program Perulangan While

3. PERULANGAN DO WHILE

Sama dengan pengulangan while tetapi dalam pengulangan do-while beberapa baris program akan di eksekusi terlebih dahulu sebelum di lakukan proses pengulangan. Dan yang membedakan dengan pengulangan while pengulangan menggunakan do-while setidaknya dieksekusi terlebih dahulu sebanyak satu kali. Berikut struktur penulisan :

 do {  
statement1;
statement2;
...
} while ( ekspresi_boolean );

Contoh Penerapan :
 package perulangan;  
public class perulanagan {
public static void main(String args[]){
int x=0;
do{
System.out.println("Nilai X ="+x);
x++;
}while (x<10);
}
}
Output Program :
Output Program Perulangan Do While


Mungkin cukup sekian info kali ini tentang [Struktur Control] Perulangan (Looping) Pada Java mudah-mudahan berguna dan bermanfaat, sampai bertemu kembali di tulisan Mr. Comro berikut nya. Dan jangan lupa comment and share ke teman-teman kalian jika postingan ini bermanfaat Terimakasih..

0 Response to "[Struktur Control] Perulangan / Looping Pada Java"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel