-->

Sejarah Pemrograman Bahasa C Dan C++



C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1983 di Bell Labs di Murray Hill, New Jersey. yang merupakan perkembangan dari bahasa sebelumnya yaitu bahasa C yang di ciptakan oleh W. Kernighan dan Dennis M. Ricthie pada tahun 1972. C merupakan bahasa pemrograman terstruktur yang membagi program ke dalam sejumlah blok (sub program). Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam pembuatan dan pengembangan program. Program yang ditulis dengan C mudah sekali dipindahkan dari satu jenis mesin ke mesin lain. Hal ini karena adanya standarisasi C yaitu ANSI (American National Standards Institute) yang menjadi acuan para pembuat compiler C. Pada awalnya C++ diberi nama “A better C”. Nama C++ sendiri diberinama oleh Rick Mascitti. Adapun tanda ++ berasal dari operator increment pada bahasa C.

C++ adalah bahasa pemrograman komputer tingkat menengah hal ini di karenakan bahasa c++ terdiri dari kombinasi fitur bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Bahsa c++ dapat berjalan di berbagai platform seperti windows, Mac Os, dan berbagai versi UNIX. C ++ adalah bahasa yang diketik secara statis, dikompilasi, umum-tujuan, case-sensitive, free-form yang mendukung pemrograman prosedural, object-oriented, dan generik.

Pemrograman berorientasi objek :

C ++ sepenuhnya mendukung pemrograman berorientasi objek, termasuk empat pilar pengembangan berorientasi objek 

- Encapsulation
- Data hiding
- Inheritance
- Polymorphism

Pemrograman C++ :

Program C++ dapat dibuat menggunakan sebarang editor teks maupun editor sekaligus compilernya. Program utama berekstensi (.CPP). Pada saat kompilasi program utama bersama dengan file header (.h) akan diterjemahkan oleh compiler menjadi file obyek (.OBJ). Selanjutnya file obyek ini bersama-sama dengan file obyek lain dan file library (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh linker. Hasilnya adalah file (.EXE) executable.

Beberapa software compiler yang biasa di gunakan untuk membantu pemrograman Bahasa C++ :

- Dev-C++
- Turbo C++
- Visual C++
- Borland C++
- Geany

Pengertian Object, Class, Methods & Instance Variables :

Berbicara pemrograman bahasa C++ itu dapat di definisikan sebagai kumpulan objek yang berkomunikasi melalui metode memanggil satu sama lain. dan berikut sekilas tentang apa yang dimaksud dengan Object, Class, Methods, Instance Variables :

  • Object - Object memiliki keadaan dan perilaku. Contoh: Seekor anjing memiliki status - warna, nama, berkembang biak, serta perilaku - bergoyang, menggonggong, makan. Objek adalah turunan kelas.
  • Class - Class dapat didefinisikan sebagai template / cetak biru yang menggambarkan perilaku / menyatakan bahwa objek dari jenis dukungannya.
  • Methods - Suatu metode pada dasarnya adalah perilaku. Kelas dapat berisi banyak metode. Ini adalah metode di mana logika ditulis, data dimanipulasi dan semua   tindakan dijalankan.
  • Instance Variables - Setiap objek memiliki set variabel instan yang unik. Keadaan objek dibuat oleh nilai yang ditetapkan untuk variabel instan ini.

Mungkin cukup sekian info kali ini mudah-mudahan berguna dan bermanfaat, sampai bertemu kembali di tulisan saya berikut nya Terimakasih..

Next : Basic Syntax

0 Response to "Sejarah Pemrograman Bahasa C Dan C++"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel