-->

Pemrograman C++ / Cpp Basic Syntax



Contoh coding sederhana dan penjelasan nya

Berikut akan saya tunjukan script Sederhana untuk menampilkan tulisan "Hello Word!"
 #include <iostream>  
using namespace std;
int main() {
cout << "Hello World!"<<endl; // menampilkan output Hello Word!
return 0;
}
#include <iostream> Pada kalimat yang diawali dengan tanda "#" adalah are prepocessor directive. ini bukan lah merupakan baris kode yang di eksekusi, melainkan indikasi untuk compiller, memberitahukan kepada prepocessor kompiler untuk menyertakan header file standard yaitu "iostream" setiap bahasa pemrograman memiliki LIB (library) yang berisi kode dan perintah-perintah yang dapat di gunukan untuk berjalan nya sebuah program. Cara deklarasi diawali dgn tanda "#" kemudian "include" stlh itu mggunakan tanda "< ........>" (pada baris titik diisi sesuai kebutuhan program yang akan kamu buat, dan pada kasus di atas untuk standart Input/Output C++ adalah "iostream".

using namesace std; adalah sebuah penyingkat atau penyederhana dari notasi yang ada dalam Library iostream apabila suatu program tidak di ikut sertakan using namespace std; maka untuk mendeklarasikan perintah "cout" harus di tulis seperti ini "std::cout" dan untuk "endl" apabila "usingnamespace std;" tidak di tuliskan maka penulisannya harus seperti ini "std::endl".

Contoh apabila tidak memakai using namespace std;
 #include <iostream>  
int main() {
std::cout<<"Hello Word!"<<std::endl; // menampilkan output Hello Word!
return 0;
}

int main() fungsi "main" merupakan titik awal dimana seluruh program C++ akan mulai dieksekusi. Diletakan diawal, ditengah atau diakhir program, isi dari fungsi "main" akan selalu dieksekusi pertama kali. Pada dasarnya seluruh program C++ memiliki fungsi "main". "main" diikuti oleh sepasang tanda kurung "()" karena merupakan fungsi. pada C++ semua fungsi diikuti oleh sepasang tanda kurung "()" dimana dapat berisi argumen didalamnya. kode-kode yg dieksekusi dalam fungsi ini adalah yg terdapat didalam "{ }" seperti dalam contoh :

cout<<"Hello Word!"<<endl; cout merupakan standard output stream dalam C++. "cout" dideklarasikan dalam header file "iostream" sehingga agar dapat digunakan maka file ini harus disertakan "iostream". pada baris kode ini menyebabkan pesan "Hello World!" yang ditampilkan di layar. Dan fungsi "endl" adalah untuk membuat baris baru di bawah setelah tulisan "Hello Word!".

// menampilkan output "Hello Word!" Setiap karakter yang di awali tanda "//" adalah sebuah komentar yang tidak akan berpengaruh pada program, ini hanyalah sebuah komentar yang di tujukan untuk memberikan penjelasaan terhadap program yang di buat, ini merupakan Komentar satu baris yang dimulai dengan "//" dan berhenti di "akhir baris".

semicolon " ; " Karakter ini menandakan akhir dari instruksi dan harus disertakan pada setiap akhir instruksi pada program C++ manapun.

return 0; Intruksi "return" menyebabkan fungsi "main()" berakhir dan mengembalikan kode/variabel yang mengikuti instruksi tersebut, dalam kasus ini "0". Ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengakhiri program karena program telah berhasil di jalankan tanpa ada kesalahan atau error.

"{}" Kurung kurawal adalah awal dan batas blok dari fungsi "main".

Mungkin cukup sekian info kali ini mudah-mudahan berguna dan bermanfaat, sampai bertemu kembali di tulisan saya berikut nya Terimakasih..

0 Response to "Pemrograman C++ / Cpp Basic Syntax"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel